.

Cara menjaga kebersihan mobil

Written by on ,
Cara menjaga kebersihan mobil. Poles Lampu selain menggunakan blog ini untuk portfolio pekerjaan, juga sharing tentang tips otomotif dan car care. Bahasan saya kerucutkan tentang kebersihan eksterior mobil. Bahasan tentang ini penting diketahui, kelihatan sepele namun ternyata banyak yang kurang memperhatikan :



Jaga selalu kebersihan eksterior mobil dengan rutin melakukan pencucian. Seminggu minimal sekali, ini minimal kalau mau 2-3 kali juga tidak apa, dan tentunya ini relatif disesuaikan dengan kondisi. Mobil yang selalu terjaga kebersihannya tentunya akan lebih mudah dibersihkan bila terkena kotoran.

Sesekali aplikasikan polish / waxing untuk menjaga cat mobil tetap dalam kondisi bagus. Fungsi polishing adalah mengangkat kerusakan karena goresan minor (minor scracth ) pada lapisan pelindung paling luar (clear coat) mobil anda. Setelah proses polishing maka lakukan topping up dengan wax untuk memberikan perlindungan eksterior mobil dari cuaca, hujan, kotoran seperti debu, kotoran burung. Sebenarnya lebih tepatnya adalah mengurangi dampak efek cuaca, dan kotoran pada permukaan mobil anda, karena wax akan memberikan lapisan penutup di atas lapisan clear coat sehingga tidak ada kontak langsung antara lapisan clear coat dengan udara luar. Namun perlu diperhatikan bahwa wax memiliki masa perlindungan. Karena panas dan hujan maka durabilitas wax akan berkurang. Untuk hasil lebih baik bisa menggunakan lapisan pelindung berupa sealant yang bisa memberikan perlindungan lebih lama. Selanjutnya bila ingin mendapatkan proteksi terbaik gunakan coating untuk body mobil anda. Misalkan ceramic coating.

Jangan sembarang melakukan pencucian / pengelapan. Gunakan hanya lap khusus dalam keadaan bersih. Gunakan microfiber sesuai peruntukannya, misalnya micro fiberdengan bentuk tekstur kotak (waffle untuk) menyerap air setelah dicuci. Gunakan wash mitt yang berkualitas bila ingin mencuci sendiri. Gunakan cara mencuci dengan dua ember dimana ember satunya telah dilengkpai dengan grit guard untuk menjaga kotoran tak lagi menempel pada lap cuci / wash mitt yang anda pakai.

Tutup selalu mobil dengan car cover atau cover mobil. Pilih yang berkualitas agar tidak menggores body mobil anda. Menutup mobil dengan cover mobil akan memberikan perlindungan dari UV, debu, dan air hujan serta pengaruh cuaca ekstrim lainnya.

Segera bersihkan mobil anda bila ada kotoran, misalnya terkena getah pohon atau kotoran burung, segera membersihkan akan membuat kotoran tidak sempat membandel.

Parkir mobil dibawah carport agar terlindung dari panas / hujan. Bila ingin mendapatkan perlindungan lebih bagus lagi, bisa menambahkan car cover bila carport mobil anda jenis terbuka.

Waspadai bila di sekitar anda sedang ada pekerjaan / proyek karena berpotensi menimbulkan kotoran/debu, misalnya ketika ada pengecatan persih di samping carport anda, maka pastikan tidak ada percikan cat dari pekerjaan di sebelah / dekat rumah anda, berdasarkan pengalaman pribadi saya pernah terkena over spray dari pengecetan pagar menggunakan sprayer / cat semprot.

No comments:

Post a Comment