.

Perawatan Mobil Pasca Mudik

Written by on ,
Perawatan Mobil Pasca Mudik. Bertepatan dengan libur anak sekolah dan akhir tahun ternyata banyak sekali dimanfaatkan banyak orang untuk liburan. Wajar saja banyak orang tua pekerja yang telah membuat schedule cuti tahun 2015 ini pada bulan Desember ini karena untuk urusan liburan memang kadang terkait dengan biaya, terutama untuk yang liburannya ke tempat lain, misalnya mudik ke kampung halaman. Sambil mudik sambil pula liburan. Sungguh menyenangkan bisa bertemu sanak saudara di kampung atau daerah asal. Bisa berbagi kebahagiaan bersama setelah lama tidak bersua karena sibuk dengan karya masing masing.



Selama mudik atau liburan hampir dua minggu tentunya kendaraan / mobil ada yang digunakan untuk mudik, namun ada pula yang dititipkan. Poleslampu.com kali ini berbagi tips cek kendaraan setelah kendaraan digunakan mudik atau disimpan selama dua minggu.

Kendaraan yang digunakan mudik

  • Setelah menempuh jarak ribuan kilometer ada baiknya anda cek lagi kaki kaki, apakah selama mudik mendapat perlakuan berlebihan seperti beban berlebihan atau karena melewati jalanan yang rusak.
  • Cek kebersihan bagian kolong, roda, dan kaki-kaki, ini karena selama mudik mobil melewati jarak panjang, melalui berbagai kondisi jalan, kadang macet, hujan, panas, debu, maka lakukan pembersihan dengan dicuci menggunakan high pressure cleaner agar kotoran tidak menempel pada bagian kolong, kaki-kaki, atau roda. Jangan lupa semprot dengan tekanan tinggi pada velg dan rem agar pasir yang menempel dapat terlepas.
  • Gunakan kimia pembersih ringan untuk membersihkan noda aspal yang menempel di body mobil.
  • Buka kap mesin, bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan semprot udara tekanan tinggi. Bila tidak memilikinya cukup bersihkan dengan microfibre basah. Lakukan berulang agar bersih.
  • Saat mencuci mobil bersihkan terlebih dahulu bagian kaki-kaki mobil, roda, velg, lalu body bagian bawah. Gunakan lap cuci khusus bagian bawah, jangan dicampur dengan bagian lain.
  • Sikat bagian roda dengan sikat mobil, gunakan pembersih sabun khusus ban, atau bisa juga dengan shampo mobil. Cuci pula bagian velg dengan baik.
  • Semprot air tekanan tinggi terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan baik bagian bawah body mobil maupun bagian eksterior. Pastikan debu, pasir, kotoran sudah hilang sebelum membersihkan dengan wash mitt atau microfiber pencuci.
  • Gunakan wash mitt atau microfibre pencuci dengan bulu halus yang khusus dibuat untuk mencuci body mobil. Celupkan pada sampo mobil khusus untuk mobil dan usapkan lembut pada body mobil yang anda cuci
  • Lakukan dengan rata mulai dari bagian kap mobil sampai setengah bodi (kira kira di atas roda ) bagian ini adalah dilakukan dengan wash mitt pencuci tersendiri, jangan gunakan wash mitt pencuci bagian bawah agar pasir dan contaminant lain tidak menggores body.
  • Lap cuci atau wash mitt agar sering dibasuh atau semprot dengan tekanan tinggi untuk merontokkan kotoran  sebelum dipakai untuk mengangkat kotoran lagi.
  • Gunakan microfibre kassa untuk mengangkat jamur ringan di body atau kaca. Jamur ringan di body atau kaca dapat diangkat dengan mudah bila mobil sering dibersihkan rutin (setiap hari)
  • Pengendapan kotoran semakin lama akan semakin susah dibersihkan, makanya rajin memberishkan mobil adalah kunci utama kebersihan mobil.


Kendaraan yang disimpan atau dititipkan

  • Beri perhatian pada bagian kaca dan body, karena mobil lama disimpan walaupun di dalam ruangan maka tetap ada debu menempel, kecuali anda menggunakan car cover yang rapat menutup body mobil.
  • Cek apakah ada jamur kaca atau body bila mobil ada disimpan di luar ruangan atau car port tanpa tutup. Kondisi hujan, panas, debu, dan tidak dibersihkan selama dua minggu cukup untuk membuat wiper anda susah bergerak karena kerak kotoran yang telah mengendap.
  • Bersihkan kerak kotoran yang mengendap secara bertahap, karena cara pembentukan kerak juga secara bertahap hari demi hari. 
  • Cek  aki kendaraan anda. selama dua minggu ada kemungkinan aki sudah akan turun tegangannya karena dipakai untuk sumber tenaga sistem alarm. Kecuali anda menitipkan mobil pada saudara atau teman yang secara rutin menyalakan mobil selama berapa menit setiap hari.


No comments:

Post a Comment